Minggu, 14 Juni 2009

"Ngobrol Iseng" Seputar Pendidikan

Ngobrol seputar masalah pendidikan di negeri ini gak ada habisnya. Adaaaaaaaaaaaaa ajaaaaaa yang diomongin. Ini salah satu obrolan santai saya bersama teman chatting saya, tanpa maksud apapun, sekedar curhat dan iseng aja...
Kalau ada pihak-pihak yang kurang berkenan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya...

Minggu, 14 Juni, 2009
deddy hidayat




Assalamu'alaikum22:23










alaikum salam22:23




Saya
deddy hidayat




lagi sibuk nih22:24










biasa aja22:24

barusan baru beres bikin instrumen buat penelitian22:24




Saya
deddy hidayat




buat skripsi ato sekolah22:25










skripsi22:25

tentang pemanfaatan media komputer di PAI22:25

materi tajwid22:25




Saya
deddy hidayat




penelitian kelas dong22:26










semacam itu22:27

tapi gak termasuk PTK22:27

soalnya gak ada kasus khusus22:27

ini penggunaan komputer pertama kali di sekolah itu22:27

jadi termasuk eksperimen22:27




Saya
deddy hidayat




eksperimen apa studi kasus22:28










eksperimen22:29




Saya
deddy hidayat




rencananya penelitian di sekolah sendiri nih22:30










gitu deh 22:31




Saya
deddy hidayat




biar ga repot22:31










kebetulan aja....22:31

udah dua taun dapet bantuan perangkat multimedia22:32

tapi guru PAI nya belom pernah manfaatin22:32




Saya
deddy hidayat




repot juga tuh22:33










iya, akibat gaptek22:34

maklum dikampung22:34




Saya
deddy hidayat




ga juga di tempat saya juga masih byk yg gaptek22:35










iya22:35

banyak juga sih temen chat yg bilang kaya gitu dikotanya masing222:35

ga tau gimana ya nasib guru kita yg katanya harus profesional22:35




Saya
deddy hidayat




di tempat saya ada program 1 guru 1 laptop utk sekolah RSBI atau SBI22:36

dan ternyata di sekolah tsb juga msh byk yg gaptek juga22:37

capnya aja RSBI/SBI22:37










iya22:37

SDM nya banyak yang perlu dibenahi22:38

kadang saya suka gregetan22:38

akibat kebijakan pemerintah jaman dulu, nih...22:38

ngangkat guru sekenanya22:38

alesannya, kekurangan tenaga pengajar22:38

akibatnya, sekarang malah kekurangan tenaga profesional22:39




Saya
deddy hidayat




iya22:40










Nah, kalo ditempat saya malah ada cerita yg lebih menyedihkan22:41

ceritanya kan guru TK-SD sekarang wajib S1 untuk profesionalitas, katanyaaaa....22:41

tapi, kuliahnya itu lo...22:41

macem2 gayanya22:41

ada yg S1 3 taun tamat22:42

ada juga yg kuliahnya cuman sebulan sekali22:42

ada juga yg rajin tiap hari, tapi tugas2 dibikinin orang terus22:42

alasannya standar, SIBUK/GAK ADA WAKTU22:43

Jadi bingung22:43

musti ketawa apa mesti nangis22:43

Pada akhirnya, SARJANA gak menjamin profesionalitas22:44

Senyum aja kali ya...?!22:44




Saya
deddy hidayat




org Indonesia kan cuma bangga dg gelar22:44

rasa sudah puas kalau sudah punya gelar min S122:45

akhirnya itu dijadikan standarisasi yg ga menjamin kualitas22:45










Iya22:46




Saya
deddy hidayat




padahal bkn SDM gurunya saja yg perlu ditingkatkan22:46

tetapi juga hal pendukung lainnya22:46

termasuk lembaga pencetak SDM tsb22:47










10022:47




Saya
deddy hidayat




contoh kecil di tempat saya pembangunan fasilitas kampus FKIP ketinggalan jauh dg kampus lain, mis fakultas ekonomi, dll22:48

padahal lulusan fakultas lain byk yg nganggur22:48










iya22:48




Saya
deddy hidayat




trus mrk tertarik jd guru krn melihat prospek ke depannya bagus22:49










IDEM22:49

aku bukan pengamat sejarah, tapi kalo baca sekilas, aku rasa ini akibat peninggalan ORBA juga sih22:50




Saya
deddy hidayat




iya22:50










kita sama2 tau, bahwa ORBA lebih memprioritaskan bidang yg lain, dan pendidikan jadi no. 1722:50

makanya, yg tertanam di hampir seluruh pikiran masyarakat Indonesia saat ini, CARI DUIT22:51

bukan CARI ILMU22:51

liat aja anak2 sekarang, kalo nanya sekolah pasti nanya;
22:52

"Pak, ngelanjutin sekolah yg gampang nyari uang kemana ya?"22:52

atau ortunya, pasti bilang:22:52

"Kamu lanjutinnya ke sekolah A aja, biar gampang dapet kerja22:52

dan tentu saja, melihat hal seperti itu, pasti sekolah/kampus yg banyak permintaan, akan berlomba2 mengembangkan kampusnya22:53

Jadi bingung lagi22:54

musti ketawa apa nangis ya?22:54




Saya
deddy hidayat




betul ironis sekali22:54










kalo liat murid2ku di skolah, suka prihatin22:54

yg mereka kejar nilai bagus, ijasah dapet22:54

gak penting ilmunya nempel apa kagak22:55

manfaat apa kagak22:55




Saya
deddy hidayat




betul kata mereka yg penting lulus22:55










iya22:56

liat aja kalo menjelang UN22:56

sekolah, masyarakat, orang tua, KepSek, guru, dan segenap murid pasti ngejar NILAI DI ATAS STANDAR22:56

YANG PENTING LULUS22:56

"Rugi kalo gak lulus", katanya22:57

Apa gak rugi kalo lulus tanpa ilmu????22:57




Saya
deddy hidayat




pola pikir mereka sudah terkontaminasi neofeodalisme22:58










ya, gitu deh22:58

pada akhirnya, kita cuman bisa nangis, gak ada kuasa walau hati berontak22:58

kalo kaya gini terus, kayaknya 100 taun lagi juga, pendidikan kita gak bakalan bener22:59




Saya
deddy hidayat




betul,lebih banyak sakit hatinya22:59

dunia pendidikan perlu perubahan22:59










23:00

Sori, jadi rada tegang ya ngobrolnya23:00

abiz, aku suka greget sih kalo ngomongin masalah pendidikan23:00

masalahnya seabreg23:00




Saya
deddy hidayat




idem23:00

gregetan23:00










ada lagi kasus yg kaya gini23:01

crita lagi ni ya...?!23:01

dulu, waktu aku awal ngajar, aku tuh termasuk idealis dalam ngevaluasi anak23:01

nilai yg aku kasih ke wali kelas buat raport, pasti murni sesuai hasil perhitungan ini itu di daftar nilai en rambu2nya23:02

pas rapat kenaikan, ada wali kelas yg protes:23:02

"Pak Eka, koq ini anak bisa dapet 3? Kasian kan. Ya, minimal kita kasih 5 atau 6 laaaah..."23:03

Ada lagi wali kelas yg laen, bilang:23:03

"Ini juga pak, koq anak kelas 1 B. Inggris nya bisa dapet 9? Apa dia udah lancar betul b. inggris nya?23:04

Dua pertanyaan yg lucu kan???23:05




Saya
deddy hidayat




aku juga mengalami hal itu waktu rapat kenaikan kelas23:05

apalagi membahas anak yg rencananya ga naik23:06

fuiiih, berdebat abis23:06

tetap aja pola lama berlaku23:07










IDEM23:07

guru2 tua, cara ngevaluasinya aneh (menurutku)23:07

gampang aja ngasih skalanya23:08

Sangat Bisa = 923:08

Bisa = 823:08

Sedang = 723:08

Kurang Bisa = 623:08

Gak Bisa = 523:08

Makanya kalo liat nilai di bawah 5, mereka nolak, abiz nilai minimal mereka 5 sih, bukan 023:09

23:09

trus kalo aku ngasih 9, mereka juga nolak23:09

soalnya buat mereka 9 = sangat pintar23:09

ya udah, ngapain aku susah2 bikin rambu penilaian ama ngitung daftar nilai23:10

mo ngisi raport, kasih aja angka 6, 7, 823:10

beres23:10




Saya
deddy hidayat




mungkin mereka kebanyakan ngasih nilai kasih sayang23:11










iya kali, salah sayang23:11

23:11




Saya
deddy hidayat




jadi bawaannya ga tegaan23:11










Tapi aku gak ada maksud generalisasi ya....23:12

gak semua guru senior kaya gitu koq23:12




Saya
deddy hidayat




setuju23:12

tp kebanyakan begitu23:12










kalo semua kaya gitu, trus dari mana kita belajar ngitung nilai yg bener?!23:12

23:12




Saya
deddy hidayat




kayaknya perlu buat mainstream sendiri deh23:13

buat pembelajaran bersama23:13










iya nih23:13




Saya
deddy hidayat




biar guru senior open minded gitu23:13










kamu donk bikin23:14

ada gak?23:14




Saya
deddy hidayat




pake standarisasi kurikulum terbaru aja23:15

di situ kan sudah ada KKM/kriteria ketuntasan mengajar23:16

tp aku lg mempelajarinya nih23:16










mempelajari apanya?23:17

KKM kan kita yg bikin23:17




Saya
deddy hidayat




belajar caranya agar kita dan para guru senior serius menerapkannya23:18

selama ini kan setengah223:18










kayaknya maksud pemerintah sih kesitu deh23:18

makanya guru suruh bikin KKM sendiri23:18

biar tanggung jawab plus konsekuen ama KKM nya pas ngasih nilai23:19




Saya
deddy hidayat




iya, buat sendiri tapi tdk konsekuen dg yg dibuatnya23:19










23:19




Saya
deddy hidayat




itukan sia223:19










Banyak nyontek sih23:19

cara ngitungnya aja masih banyak yg bingung23:19




Saya
deddy hidayat




memang susah mengubah dari pola yg lama23:20










IDEM lagi23:20

Aku udah lumayan mempelajari KTSP23:20

sebetulnya, esensinya sangat sangat sangat bagus23:20

cuma dalam pelaksanaannya, ya itu tadi, tetep aja pola lama23:21




Saya
deddy hidayat




23:21

betul23:21










di antara sekian banyak kurikulum yg pernah diterapkan di Indonesia, terus terang aku paling suka sama KTSP23:22

bayangin kalo penerapannya bagus23:22

KTSP itu kan menuntut inovasi dan kemandirian23:22

memberi kebebasan yg seluas2nya kepada sekolah dalam melaksanakan pendidikannya23:23




Saya
deddy hidayat




iya, tp aku khawatir kalau2 ini belum tuntas, ketika ganti menteri ganti kebijakan lg23:23










gitu deh23:23

tinggal nangis lagi23:23




Saya
deddy hidayat




23:23










Kalo dipikir2, masalah pendidikan di kita ini kaya masalah korupsi, ya...??23:25

masalahnya sudah mendarahdaging di sistemnya23:25




Saya
deddy hidayat




setujuuuuuuuu23:25










susah benerinnya23:25

benerin di pangkal, bocor di tengah23:25

nambal yg tengah, rusak di ujung23:25

yg diujung di rombak, masalah datang lagi dari pangkal23:26

kapan beresnya....????23:26

CAPEEE DEEEEHH....23:26




Saya
deddy hidayat




23:26










ayo bayangin23:27

sekarang kan pemerintah lagi bagus2nya nih ngurusin pendidikan23:27

berarti masalah di pangkal lumayan mulai dibenahi23:27

yang di bawah juga diperketat23:27

guru dan sekolah wajib profesional dalam pelayanannya di masyarakat23:28

tapi liat ditengah2nya23:28

masih amburadul23:28

nah, nanti suatu saat, yg ditengah pasti dibenerin juga, tapi apa yg di atasnya akan bertahan bagus???23:28

kayaknya ya gitu tadi, ganti menteri, ganti masalah23:29

23:29




Saya
deddy hidayat




mungkin karena amanat UU anggaran harus 20% makanya jabatan mendiknas sarat kepntingan23:30

ok, aku cm berpikir "think globally, act locally"23:32

lakukan apa yg bisa kita lakukan23:32

meki itu kecil23:33










sama23:33

apa daya23:33

kita cuma rakyat kecil23:33

gimana bisa act globally??23:33

23:33




Saya
deddy hidayat




Maaf, saya pamit dulu23:37

sudah mengantuk23:37

kapan2 kita diskusi lagi23:37

wassalamu'alaikum23:37
















alaikum salam23:39




Saya

0 komentar: