Rabu, 01 April 2009

Introduction

Aku, EKA LUSIANDANI KONCARA, yang lahir pada 16 Juni 1983 di salah satu wilayah di Kabupaten Purwakarta. Banyak orang menyangka itu nama perempuan, he..he.. Padahal aku pria tulen. Masalahnya, banyak yang baca nama tengahku LUSI/ANDANI, yang seharusnya LU/SIAN/DANI. Papaku cina keturunan, yang ngasih nama aku LOO SIAN. Mamaku sunda asli, dan masukin nama dari papa, ke nama lengkapku, jadi LUSIANDANI. Sedangkan nama EKA diberikan karena aku anak pertama, dan KONCARA itu nama khas Sunda, yang berarti terkenal. Mungkin mamaku sangat berharap suatu saat aku jadi orang yang terkenal dalam hal kebaikan, aamiiin...

Saat ini aku berprofesi sebagai salah satu pengajar di SD Negeri 2 Cibogogirang Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta Propinsi Jawa Barat.

Tahun 1989 aku masuk SD Negeri Pejuang 2 Bekasi Barat, lalu tahun 1993 aku pindah ke SD Ananda Bekasi Timur. Tapi karena satu dan lain hal, aku harus menamatkan pendidikanku di SD Negeri Gandasoli 2 Plered Purwakarta hingga tahun 1995. Tahun 1995 hingga 1998 aku menjalani pendidikan di MTs Assalam Plered-Purwakarta, dan kulanjutkan ke SMK Negeri 1 Purwakarta hingga tahun 2001 di jurusan Elektronika Komunikasi.

Aku pernah bekerja di PT. Pacific Prestress Indonesia - Karawang pada tahun 2002 hingga pertengahan tahun 2003.

Agustus 2003, aku mulai tertarik pada dunia pendidikan. Aku berusaha merealisasikan ide dan ambisiku untuk turut membangun negeri ini dengan turut berpartisipasi dalam dunia pendidikan. Aku, secara pribadi, mulai merintis implementasi ambisiku tersebut. Aku membentuk suatu kelompok belajar bersama untuk anak usia sekolah guna meningkatkan kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris.

Awal 2004, seorang Kepala Sekolah di salah satu Sekolah Dasar (SD Negeri 2 Mekarsari) di daerah tempat tinggalku, merekrutku untuk mengajar di sekolahnya yang kebetulan belum memiliki pengajar mata pelajaran Bahasa Inggris. Akhirnya sejak 16 Februari 2004, aku mulai turut berpartisipasi di lingkungan pendidikan formal, walau dengan penghasilan guru honorer (yang sudah menjadi rahasia umum) yang sangat minim.

Bulan Maret 2004, sekolah lain (SD Negeri 2 Cibogogirang) merekrutku juga. Awalnya, mereka hanya merekrutku untuk mengisi kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler. Apalagi pada saat itu, SD Negeri 2 Cibogogirang harus mempersiapkan diri untuk mengikuti Lomba Peraturan Baris-Berbaris di tingkat Kabupaten Purwakarta. Bulan Juli 2004, setelah aku berhasil membawa sekolah ini menuju prestasi, aku pun direkrut untuk mengisi kekosongan pengajar mata pelajaran Bahasa Inggris. Aku pun mengajar di dua SD yang berbeda secara bersamaan.

Bulan September 2004, aku mendapat tawaran lagi di sekolah lain, SD Negeri 1 Gandasoli. Mereka juga menawarkan mata pelajaran Bahasa Inggris. Akhirnya, dengan membagi waktu, aku mengajar mata pelajaran yang sama di tiga sekolah dasar. Pada bulan ini juga, aku mulai pendidikanku di program Diploma 2 Pendidikan Guru PAI. Sekedar untuk menunjang profesiku nantinya sebagai seorang pengajar. Kalau mengikuti keinginan hati, sebetulnya aku ingin melanjutkan pendidikanku di Sekolah Teknik, melanjutkan pendidikanku sebelumnya di SMK.

Bulan Desember 2004, aku menemukan pujaan hatiku. Dia pun menerima lamaranku. Hingga pada Bulan Januari 2005, status bujanganku pun selesai. Kami menikah dengan sangat sederhana dan hanya berbekal ambisi dan cita-cita.

Setelah menikah, profesi dan pekerjaanku yang lain pun tetap berjalan. Aku masih mengajar tambahan untuk mata pelajaran Bahasa Inggris di tempat tinggalku. Semua kegiatan sampinganku dijalankan sore hingga malam hari. Tak banyak yang bisa diceritakan sepanjang tahun 2005. Hingga pada Desember 2005, aku berencana melangkah lebih jauh dengan menambah fasilitas English di tempatku dengan komputer. Aku membeli seperangkat komputer bekas yang murah, yang kemudian kugunakan untuk memberi pendidikan tambahan bagi siswa dalam pengoperasian komputer. Aku juga menyediakan jasa pengetikan. Alhamdulillah, penghasilan pun bertambah, dan dengan penghasilanku saat itu, aku masih bisa kuliah dan menamatkan program diplomaku.

Memasuki 2006, aku menekuni bidang teknik komputer. Aku mulai mempelajari teknik perawatan dan perbaikan komputer. Bekal Bahasa Inggrisku cukup membantu, jadi walau hanya belajar otodidak, aku cukup cepat menguasai PCku, baik software maupun hardware.

Bulan Juli 2006, aku direkrut di SMP Negeri 6 Darangdan untuk mengisi kekosongan pengajar mata pelajaran Bahasa Inggris. Aku langsung ditugaskan di kelas 9. Aneh memang, kenapa setiap yang merekrutku pasti menawarkan Bahasa Inggris. Padahal aku tidak memiliki latar belakang Bahasa Inggris formal. Aku pun berhenti mengajar di SD Mekarsari dan memulai karirku di tingkat satuan pendidikan yang lebih tinggi. Aku masih terus mengajar di dua sekolah dasar lainnya.

Bulan September 2006 aku wisuda program Diploma 2. Akhirnya tamat juga....

Semuanya berjalan dengan tanpa halang rintang yang berarti hingga 2007. Bulan September 2007, aku melanjutkan pendidikanku ke jenjang S1 masih di program study yang sama.

Bulan Maret 2008, aku berhenti mengajar di SD Negeri 1 Gandasoli. Semakin hari, tenagaku semakin terkuras. Karena sepanjang karirku, aku hampir selalu ditugaskan untuk berbagai tugas dan kegiatan tambahan. Aku pun dikenal aktif di berbagai kegiatan pendidikan di tingkat kecamatan atau kabupaten. Beberapa kali aku berhasil membawa nama sekolah tempatku mengajar menuju prestasi. Terutama di bidang Bahasa Inggris, komputer, dan ekstrakurikuler.

Sejak itu, aku fokus di dua sekolah dengan tingkat pendidikan yang berbeda. SD Negeri 2 Cibogogirang dan SMP Negeri 6 Darangdan. Semua aktivitas mengajarku dilakukan pagi hari. Siang hingga sore harinya, aku kuliah, karena aku ikut kelas reguler. Malam harinya, aku fokus di rumah, bukan istirahat, tapi banyak pekerjaan yang sudah menanti, mulai dari les privat, perbaikan PC, jasa pengetikan, atau yang sekedar konsultasi, baik masalah English, komputer, bahkan sampai statistik untuk penyusunan skripsi. Kadang lelah juga, tapi apa daya, kebutuhan meningkat, maka penghasilan pun harus tetap seimbang, dan cita-cita pun harus tetap dikejar, serta karir harus terus melaju. Banyak yang menilai aku terlalu ambisius, serakah, tapi banyak juga yang menilai positif. Alhamdulillah, istriku tercinta selalu mampu mendampingi setiap langkahku. Dia seolah wakil dari segenap kesibukanku. Rasanya, tak kan pernah lagi kutemukan wanita secerdas dan sepengertian dia. Tanpa dia, tak kan mampu ku mencapai semuanya sendirian.

Bulan Desember 2008, aku mengajak beberapa rekan-rekanku untuk berinvestasi untuk mendirikan satu Lab Komputer Bersama. Kebetulan di daerahku saat itu belum ada sekolah yang memiliki lab komputer dengan fasilitas lengkap, apalagi internet.

Alhamdulillah, Januari 2009, sebuah lab sederhana dengan fasilitas secukupnya plus koneksi telkom speedy, bisa berdiri di tempat tinggalku. Dan hasilnya sangat bermanfaat. Siswa-siswi di sekitar wilayah tempat tinggalku akhirnya mulai melek teknologi. Aku sendiri yang membangun lab tersebut, sehingga tidak mengeluarkan terlalu banyak biaya. Cukup membeli sejumlah unit komputer dan beberapa perangkat intranet dan internet.

Hingga kini, aku disibukkan oleh kegiatan yang dulunya tidak pernah termimpikan olehku. Kegiatan les privat Bahasa Inggris aku kembangkan dengan teknologi English Online. Sungguh menyenangkan dan lebih menguntungkan. Siswa-siswi yang belajar operasional komputer pun lebih aku kembangkan ke belajar internet, dan bahkan belajar komputer jaringan serta segala teknik perawatan/perbaikannya.

Bulan Juli 2009, aku berhenti mengajar di SMP Negeri 6 Darangdan, dan pindah ke MTs-MA Ibnu Zen Sukatani mengajar mata pelajaran TIK.Tak lama di Ibnu Zain, karena waktu dan tenagaku yang semakin terbatas, aku berhenti mengajar pada bulan September 2009, sehingga saat ini aku hanya mengajar di SD Negeri 2 Cibogogirang.

Bulan Desember 2009, aku mengakhiri masa pendidikanku di STAI Dr. KHEZ. Muttaqien Purwakarta.


Demikian sekilas tentang Eka Lusiandani Koncara, S.Pd.I.

Ringkasan Biografi:
Pendidikan
  • SDN 2 Pejuang - Bekasi tahun 1989-1993
  • SD Ananda - Bekasi tahun 1993-1994
  • SDN 2 Gandasoli Plered-Purwakarta tahun 1994-1995
  • MTs Assalam Plered-Purwakarta tahun 1995-1998
  • SMK Negeri 1 Purwakarta Jurusan Teknik Elektronika Komunikasi tahun 1998-2001
  • Universitas Wiralodra Indramayu D-2 Pendidikan Agama Islam tahun 2004-2006
  • STAI Dr. KHEZ Muttaqien Purwakarta S-1 Pendidikan Agama Islam tahun 2007-2009

Karir Formal
  • PT. Pacific Prestress Indonesia Karawang - Karyawan Produksi Spin Pile Okt 2002 - Mei 2003
  • SD Negeri 2 Mekarsari Darangdan-Purwakarta - Guru MP B. Inggris Feb 2004 - Jun 2006
  • SD Negeri 1 Gandasoli Plered-Purwakarta - Guru MP B. Inggris Sept 2004 - Mar 2008
  • SD Negeri 2 Cibogogirang Plered-Purwakarta - Guru MP B. Inggris Jul 2004 - sekarang
  • SMP Negeri 6 Darangdan Purwakarta - Guru MP B. Inggris & TIK Jul 2006 - Jun 2009
  • MTs Ibnu Zen Sukatani-Purwakarta - Guru MP TIK Jul -Sept 2009

Karir Non-Formal
  • Mendirikan dan mengelola Kelompok Belajar B. Inggris "LBB English Club" di Plered-Purwakarta Ags 2003 - Jan 2006, bersama Agah Bayu Pamungkas (sekarang Sekertaris Desa Gandasoli Plered-Purwakarta)
  • Mendirikan dan mengelola Kelompok Belajar B. Inggris dan Komputer "95 English & Computer" di Plered-Purwakarta Jan 2006 - sekarang, bersama Lilis M. Koncara (sekarang menjadi istri tercinta)
  • Mendirikan dan mengelola Kelompok Belajar TIK "Saung Internet" di Plered-Purwakarta Des 2008 - sekarang, bersama:



    • Ahmad Juaeni, S.H. (Pegawai Dinas Tenaga Kerja Kab. Karawang),
    • Idah Saidah (Pengelola Arena Belajar "Genius" Plered-Purwakarta),
    • Uus Supriatna (Wiraswastawan),
    • Linda Marliani, S.Pd. (Guru SD Negeri 2 Cibogogirang Plered-Purwakarta),
    • Dwi R. Kusumah, S.Pd. (Guru SD Negeri 1 Pasawahan Purwakarta),
    • Maman Saepurohman, S.Pd.I. (Guru SD Negeri 2 Cibogogirang Plered-Purwakarta),
    • Lilis Maemunah, S.E. (Pengelola Kelompok Belajar B. Inggris dan Komputer "95 English & Computer" Plered-Purwakarta).

My Pictures:
- My Self
- My Offices
- My Lovely Students
- My Campus and Friends

3 komentar:

Unknown mengatakan...

assalamualaikum
deuh.. nu boga blog eung.... jadi kabita..
ka adi urang nanyakeun silabus nus pai boga teu..??
bales b4 jumat..
(ali yuda permadi)
e-mail: siregar_1234@yahoo.co.id

Agah Bayu Pamungkas mengatakan...

Assalamualaikum,,,,,
salam silaturahmi ti sim kuring,
bagja tenan saderek teh, nuhun gusti dipaparinan rijki anu kalintang seueurna, sumangga terasken, sing kalakonan cita-cita anu kalintang luhur kitu, amin,,,

Anonim mengatakan...

Assalamuallaikum wr.wb
bapak ini sama cucu nuraida alumni smpn 6 darangdan '08.
senang bertemu di blog

don't forget follow me ok,..hhe
tapi maaf blog cu masih berantakan apalagi yang blogspot soalnya belum di kotak katik lagi ,. hhe
follow me
cucunuraida.blogspot.com
cucunuraida.wordpress.com
thank :)